1/28/17

PENCARI KERJA DI JADIKAN SAPI PERAH KURUS OLEH PEBISNIS


Pencari kerja dijadikan sapi kurus yang diperah susunya oleh mereka yang tidak bertanggung jawab, siapa mereka? Mereka adalah EVENT ORGNIZER JOB FAIR SWASTA BERBAYAR yang saya tulis dalam postingan yang lalu, mungkin mereka sedang lapar.

Perumpamaan teman jobseeker sebagai Sapi, mungkin tidak lah seberuntung mereka sebagai Singa (pebisnis job fair bermodal besar). Sapi di sini adalah sebagai target makanan singa yah walaupun sapi itu dalam keadaan kurus. Kenapa begitu? ya karena mereka tidak sabar ingin cepat kaya dengan jalan pintas dengan memerah jobseeker yang bermodalkan pas-pasan untuk mencari kerja, karena mereka rakus, serakus singa, Sampai-sampai sapi kurus pun dia makan dengan lahap.

Tapi kita sebagai jobseeker harus miliki hati yang lapang dan pintar. Teman jobseeker harus bangkit tanpa mereka (Pebisnis yang rakus) oleh karena itu temen jobseeker, bersatu untuk mencari kerja tanpa melalui job fair berbayar. Saya yakin Kalau temen jobseeker tidak datang ke job fair berbayar tersebut maka mereka tidak akan pernah ada, tidak akan ada pebisnis RIBA rakus seperti mereka, dan tidak ada singa yang melahap sapi kurus lagi.

Masih banyak cara buat Teman JobSeeker untuk mencari pekerjaan tanpa harus melalui Job Fair berbayar yang belum tentu kebenarannya, saya akan bagikan di postingan saya TIPS JOBSEKEER PINTAR.

Sebelum saya lanjutkan membahas kejanggalan job fair berbayar, nih saya kasih bocoran kisaran biaya untuk mengadakan suatu event job fair.

1. Sewa gedung di mall atau aula 5-10jt/2hari
2. Sewa meja/stand 3- 5 jt untuk 30-50 stand
3. Baner promosi besar 1-  2 jt dapat 8jenis
4. Amplop untuk ijin aparat sekitar 2-4jt
5. Amplop untuk oknum dep**k*r 3- 5 jt
6. Pegawai borongan jaga pintu & tiket. 10 orang x 100 x 2 hari = 2 jt
7. Iklan facebook dan instagram 1- 2 jt
8. Catring 100 box  x 2 hari x 20 rb= 4jt
9. Biaya cadangan 2 jt.

Total saya ambil angka terbesar untuk modal bersih 30 jt.

Nah ini bagian yang paling asik, yaitu ngitung penghasilan dari setiap event/ 2 hari..

-Biasa penjualan tiket di hari pertama ( saya kalkulasi tidak ramai dan tidak terlalu sepi / standar )
3000 orang yang datang x 25rb htm = 75.000.000 ( harga tiket saya ambil dari yang termurah )
sungguh angka yang emezingkan eit tunggu dulu masih ada hari kedua.

- biasa di hari kedua pastinya agak menurun karena pasti udah ada komentar negativ dari yang sudah datang di hari pertama, contoh komentar ( perusahaanya abal-abal, banyak perusahaan yang tidak datang, cuma naruh lamaran tidak ada walk interview dan sebagainya ) biasanya yang dateng 50% dari hari pertama karena di share di grup-grup info lowongan kerja dan dapat respon negativ.
1500 orang x 25rb =37.500.000
Waw.. Masih ngalir deras kan teman jobseeker. Yah itu 2 hari adalah uang kalian, uang yg di dapat dari orang tua kalian dan uang boleh kasbon ke temen, memang Rp.25.000 itu nominalnya kecil, tapi apa kamu bisa cari uang segitu, saya rasa kamu di suruh ngojek aja ga bakalan mau, hehehe.  Sakit kan, Oiya masih adalagi nih pemasukan uang dari hrd perusahaan.

- hrd perusahaah itu pun di haruskan membayar 1-2 juta / perusahaan yang akan ikut job fair swasta. Untuk fasilitas rekrutment ,meja dan makan siang. Berarti 1jt x 30 stand = 30 jt ( saya ambil angka terkecil untuk kalkulasi ) tapi tetep dapat angka yg fantastis kan,, Waw emezing..

Udah ditotal tuh penghasilan yang di atas, yups bener totalnya Rp. 142.500.000 ini saya kalkulasikan dari yang terkecil loh, bahkan hasil yang sebenarnya bisa lebih dari ini. Teman jobseeker udah pada dapet kerja dari event job fair berbayar mereka? hehehe. Udah jangan kecewa saya udah tau persis kok itungannya antara yang depet kerja sama yang tidak dapet kerja. Nih itungannya :
- 1 perusahaan saya ambil rata-rata 10 orang  x 50 perusahaaan = 500 lowongan kerja
- 2 hari event yang datang 5.000 orang
- Nih sisanya temen jobseeker 5000 - 500 = 4.500 orang mau di kemanain..??? huhft Kamu kecewa??? yah sama saya juga. hehehe

Kenapa saya pakai 10 orang lowongan per perusahaan, nih rinciannya saya jamin gak mungkin lebih karena saya tahu rata-rata perusahaanya itu-itu saja yang ikut peserta job fair itu perusahaan kecil, alias anak cabang. masa tiap bulan mengadakan recrutment untuk sebuah perusahaan kecil emang karyawannya ada berapa banyak ??. contoh Dealer motor karyawan paling banyak 40-50 orang, Anak cabang dari Bank tertentu paling banyak karyawannya 40-50 orang, terus perusahaan expedisi/pengiriman misalkan PT J** paling juga butuh kurir 10 orang, belum lagi PT abal-abal lainnya,
Logika nya kalau mereka adakan recruitment pegawai tiap bulanya berarti ada apa dengan perusahaan tersebut, ada kemungkinan perusahaan OUTSORCHING 3 bulan tendang atau perusahaan yang tidak memakai undang-undang tentang ketenagakerjaan standar yang di buat oleh pemerintah yang bikin pegawainya tidak betah. Emang kamu mau jadi kurir, sales Bank Perkereditan Riba (BPR), Debt collector atau mau jadi sales motor yang ngejual motor 2 biji aja susahnya setengah mati. Kalo kamu mau sih gampang masuk keperusahaan kaya gitu ga perlu lewat job fair berbayar, nih tipsnya baca DAFTAR PERUSAHAAN YANG PASTI DI TERIMA KERJA 2017.
Kamu masih mau dateng ke acara ini, kalau saya sih gratis pun juga ga mau. KECUALI yang mengadakannya pemerintah alias job fair resmi.


Poinnya kenapa mereka masih menarik uang tiket masuk  yang cukup besar dari temen jobseeker dari Rp.25.000-50.000. Padahal sudah dapat pemasukan besar dari hrd perusahaan. Ingat mereka itu singa tak perduli tentang kondisi ekonomi  teman jobseeker, tetap saja posisi teman jobseeker disini itu adalah mangsa mereka, teman jobseeker itu target mereka. Kalau saya yang bikin eventnya HTMnya 5.000 perak ( 2000 untuk biaya kebersihan & 3000 untuk di sedekahkan ) insya allah berkah dan yang ngelamar juga cepet dapet kerja karena udah sedekah.

"Yah itulah hidup yang sebenarnya kita lemah ya di tindas. Kita bersatu kuat tak terkalahkan", seperti itu bukan pepatahnya
.
Ayo rubah pola pikir nyari kerja ke JOB FAIR BERBAYAR menjadi CARI KERJA PINTAR, caranya banyak sekali bahkan hanya dengan sedikit usaha, saya akan bahas dalam postingan CARI KERJA PINTAR GRATIS TANPA JOB FAIR BERBAYAR  Untuk menjadi jobseeker pintar dari awal saya tegaskan "Rajin Baca", "Selalu Baca" dan " Harus Di Baca".

ARTIKEL LAIN :
RAHASIA KEJANGGALAN JOB FAIR BERBAYAR
DAFTAR PERUSAHAAN YANG PASTI DI TERIMA KERJA 2017.
RAHASIA PERJANJIAN PERUSAHAAN  DENGAN PANITIA JOB FAIR
TIPS JOBSEKEER PINTAR
AJAB YANG TIDAK DISADARI OLEH EVENT ORGANIZER JOB FAIR BERBAYAR
JOBFAIR MENURUT JENISNYA
CARI KERJA PINTAR GRATIS TANPA JOB FAIR BERBAYAR

1 comment:

  1. Ada kekurangan dan kelebihannya oleh karena itu butuh keberuntungan juga...terima kasih share nya

    ReplyDelete